Laman

Senin, 23 Juli 2018

visi misi dan tujuan madrasah

Visi, Misi dan Tujuan MTs. NW Sikur

Sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan dan Acuan operasional penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan / kurikulum 2013 maka, Kurikulum MTs. NW Sikur disusun  untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. MTs. NW Sikur sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi,  (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah melalui visi sekolah dan diharapkan semua stakeholders  dapat menghayati dan bersama sama mewujudkan  visi tersebut.

Visi, Misi, Indikator Visi dan Tujuan Sekolah

1.    VISI
Terwujudnya manusia yang cerdas, terampil, berbudaya, mandiri, berdasarkan iptek dan imtaq
2. INDIKATOR
- Unggul Dalam Kedisiplinan
- Unggul Dalam Prestasi Belajar
- Unggul Dalam Berkreasi
- Unggul Dalam Kegiatan Agama
- Unggul Dalam Bidang Olah Raga

3. MISI
- Menanamkan sikap disiplin dalam proses Belajar    Mengajar
- Mendorong dan menumbuhkan semanagt belajar untuk mencapai prestasi
- Menciptakan suasana belajar yang efektif, aktif, kreatif, inovatif, dan menyenagkan
- Mendorong dan membantu siswa mengenal potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara  lebih    optimal untuk dapat hidup mandiri di kemudian hari.
- Menumbuh kembangkan sikap penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari.
- Menerapkan managemen partisifatif dengan melibatkan semua warga sekolah dan komite sekolah/Madrasah.

TUJUAN
- Peningkatan nilai dalam setiap Ujian nasional dan Sekolah pada setiap mata pelajaran.
- Peningkatan angka melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Mampu bersaing dan menjadi juara dalam lomba-lomba minimal ditingkat Kecamatan
- Meningkatakan pengamalan nilai-nilai agama dalam kehidupan.

3.    Tujuan (6 Tahun)
3.1 . Tersedianya system pengembangan kreatifitas yang berkelanjutan
3.2 . Tersedianya  kurikulum kreatifitas
3.3 . Tersedianya Renstra (Rencana Strategis)
3.4 . Tersedianya SOP (Standar Operasional Prosedur)
3.5 . Terlaksananya pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
3.6 . Terlaksananya rekrutmen tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai  standart
3.7 . Terwujudnya lingkungan sekolah yang  kondusif untuk belajar
3.8 . Terlaksananya pembinaan aqidah dan akhlaqul karimah bagi murid
3.9 . Tersedianya  sistim pembinaan menuju sikap kompetitif era globalisasi
3.10 . Terlaksananya kegiatan mengikuti  olimpiade-olimpiade
3.11 . Tersedianya  sistem pengembangan pembelajaran berbasis teknologi
3.12 . Terlaksananya Pembelajaran yang menerapkan ketrampilan dan   percobaan serta penelitian
3.13 . Terlaksananya sistem untuk mengembangkan life skill
3.14 . Terlaksananya  model multiple intelligence dalam pembelajaran
3.15 . Tersedianya sistem pembinaan siswa peduli lingkungan hidup
3.16 . Terlaksananya kurikulum Kelestarian Lingkungan hidup
3.17 . Melengkapi  sarana dan prasarana pembelajaran
3.18 . Memelihara  prasarana pendidikan
3.19 . Menciptakan  lingkungan 7K (keamanan, ketertiban, kebersihan, 
    keindahan, kerindangan, kedisiplinan, kesehatan, dan kekeluargaan)
·         Merealisasikan upaya keamanan sekolah
·         Merealisasikan ketertiban di lingkungan sekolah
·         Merealisasikan kebersihan sekolah
·         Menjaga keindahan sekolah
·         Merealisasikan kerindangan pepohonan di lingkungan sekolah
·         Menegakkan kedisiplinan bagi setiap warga sekolah
·         Merealisasikan  UKS
·         Memelihara kekeluargaan
3.20 . Mengembangkan  metode-metode penilaian pembelajaran yang     
      autentik
·         Melaksanakan kegiatan penyusunan perangkat penilaian sesuai metode-metode penilaian berbasis kelas
a.    Melaksanakan evaluasi di tingkat kelas dan sekolah
·         Merealisasikan sistem penilaian berbasis kelas
·         Merealisasikan penilaian sekolah
·         Merealisasikan standar penilaian sesuai standar kopetensi lulusan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar